Wednesday, January 4, 2012

"Sa mo jadi artis Kawan!"


Waktu kecil, kira-kira umur 8 tahun.. Billy sedang bermain deng de pu sahabat dua, Koko dan Franky..
Tiba-tiba Koko tanya, “eh… kalo kam dua su besar, kam mo jadi apa?’ trus Frengky bilang “Sa mo jadi Pengusaha Kawan!” “Baru Billy ko mo jadi?” lanjut Koko, “sa mo jadi Artis!” kata Billy. “Baru ko mo jadi?” kata Billy sambil melihat Koko.. “Sa mo jadi Pegawai Pemerintahan!” Kata Koko sambil menaikan alisnya….

Beberapa tahun kemudian..

Saat itu aku menerima telepon di tengah malam..
Terdenga suara di seberang “Hallo..  Syalom Kawan, Ko su lupa Sa ka?” 
Iya aku ingat suara itu... Suara yang sering kudengar ketika aku di kota kelahiranku, Jayapura. suara yang sering menasihatiku, suara yang sering menceritakan hal-hal serius dan konyol.. mulai dari pembicaraan bersifat rohani sampai Jasmani.. hahaha.. iya, Suara Sahabatku! Koko..
“Eh Kawan, masa sa lupa tu.. trada ya..!”
Dan pembicaraan itu berlanjut mulai dari bertanya kabar dan sampai pada..
“eh Kawan, ko masih ingat dulu waktu tong kecil.. sa ada tanya, Kalo besar mau jadi apa?” kata Koko. “sa lupa!” kata ku.

Ternyata Koko menelponku hanya untuk memberitahu bahwa pembicaraan kita bertahun-tahun yang lalu, yang menurut aku hanya pembicaraan anak-anak kecil.. justru menjadi kenyataan. Kini Koko telah bekerja di salah satu Instansi Pemerintahan, dan Frangky sudah menjadi Kontraktor.

Apa ini? Pikirku…
Apakah Tuhan bekerja dengan caranya yang ajaib, ataukah obrolan kita semasa kecil itu diucapkan dengan iman? Bahkan aku melupakannya..
Satu hal yang aku percaya, TUHAN memelihara aku! Bahkan dalam masa-masa terburuk aku, ketika aku jatuh di dasar yang terdalam.. Ketika aku melupakan DIA!

Billy Tamnge
04/01/2012

1 comment: